Selamat Hari Ibu


Mar 4th, 2024 478 Views

Hari ini, 22 Desember 2022, Indonesia memperingati Hari Ibu. Sejarah mencatat dicetuskannya Hari Ibu di Indonesia merupakan tonggak perjuangan perempuan untuk terlibat dalam upaya merebut kemerdekaan dan pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa sebagai sumber daya potensial dalam pembangunan dan berbagai lini kehidupan lainnya. Melalui Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 ini, mengingatkan kepada sosok ibu yang kuat, tangguh, dan berdaya. Ibu memiliki banyak peranan dan mampu melakukan banyak hal untuk kebutuhan semua anggota keluarga. Sosok seorang super woman yang mampu melakukan banyak hal .

Ibu merupakan sosok pendidik utama terhadap anak anaknya dimulai ketika anak dalam kandungan. Semenjak janin masih dalam kandungan, janin mulai melewati masa proses belajar. Hal ini karena selama masa dikandung, indera pendengaran dan otak anak mulai berkembang. Mereka mulai merasakan apa yang terjadi di luar kehidupan mereka dalam Rahim. Maka sang ibu hendaknya selalu mendengarkan suara yang baik baik dan didengarkan ayat suci Al Qur’an bagi yang muslim dan tak lupa selalu berdoa untuk kebaikan sang buah hati. Ketika bayi dalam masa pertumbuhan, maka ibulah yang utama untuk megajarkan berbicara, berjalan, mengajarkan etika,  dan utamanya menanamkan karakter pada anak anak. Apakah anak akan menjadi orang jujur, orang disiplin, tidak mudah menyerah dan semuanya merupakan didikan dari kecil. Ibu juga mendidik anak tentang apa yang harus dilakukan dalam kehidupan dan bagaimana menjadi seorang yang baik dan bisa sukses dunia dan akherat. Dalam masa pertumbuhan anak anaknya, ibu juga sangat memperhatikan tumbuh kembang anak anaknya mulai dari tumbuh kembang kejiwaan, karakteristik, dan perilaku. Kejelian ibu memperhatikan hal tersebut digunakan untuk memberikan masukan apabila ada tingkah laku yang menyimpang dan agar setiap anggota keluarga tumbuh menjadi manusia yang baik di lingkungan masyarakat. Ibu juga memastikan anak tumbuh dengan karakter dan jiwa yang baik dan berguna untuk orang lain. Ibu merupakan sosok panutan yang selalu kuat. Ibu juga menanamkan nilai nilai keagamaan dan nilai kemanusiaan pada anak. Ibu sebagai panutan juga diperlihatkan dari aktivitas yang dilakukannya. Sosok ibu yang baik memberikan panutan positif pada anak untuk meniru perbuatan baik tersebut.

Ibu juga berperan sebagai pelindung baik secara fisik maupun mental dan emosional. Ibu sebagai pelindung mental dan emosi siap mendengarkan cerita kehidupan tiap anggota keluarganya dan memberikan masukan positif yang selalu berisi dukungan dan nasehat. Ibu juga sebagai seorang pelindung secara fisik, tidak akan suka jika anaknya dilukai oleh orang lain dan membatasi anak untuk tidak bergaul dengan orang- orang yang salah. Pembatasan ini ditujukan untuk hal yang baik agar anak tidak salah pergaulan. Ibu selalu memberikan dukungan pada setiap anggota keluarganya selama hal tersebut dinilai positif. Ibu juga memberikan semangat tiada batas untuk mendukung perkembangan anaknya menjadi sosok sosok yang luar biasa. Ibu juga yang membangkitkan semangat anak saat mereka putus asa atau tidak memiliki tujuan.

Ibu juga sebagai seorang sahabat yang paling baik. Ibu mendengarkan setiap keluhan, curhatan, dan memberikan masukan positif yang membangun. Ibu memberikan solusi pemecahan masalah dan menenangkan hati. Ibu merupakan teman paling dekat yang bisa dipercaya selayaknya sahabat baik.

Ibu juga merupakan sosok yang paling peduli tentang kesehatan anggota keluarganya. Ibu selalu memberikan yang terbaik untuk menjaga kesehatan keluarganya. Ibu memberikan nutrisi yang cukup agar anggota keluarga tidak jatuh sakit. Dan pada saat sakit, ibu merawat tanpa lelah untuk memperbaiki kesehatan anggota keluarganya. Ibu memberikan perawatan secara menyeluruh dan mengatur banyak hal dari menyeka, mengganti baju, menyuapi makan dan minum, mengingatkan minum obat dan membawakan obat. Ibu menemani berobat dan mengurus segala keperluan pengobatan. Ibu memperhatikan perbaikan atau perburukan kondisi dan memiliki alternatif pengobatan dari berbagai sumber. Ketika keluarga diberi anak anak yang istimewa yang anak anaknya tidak bisa mengurus diri sendiri, maka ibulah yang utama mendampingi anak anak tersebut mulai dari menyuapi, memandikan, mendampingi semua aktfitas di luar rumah, memfasilitasi semua yang dibutuhkan anak anak. dan mungkin ke ujung duniapun akan dilakukan asalkan anak anak bahagia dan itu baik buat anak anak. Dan itu semua dilakukan dengan ikhlas.

Segala macam kemampuan yang dimiliki oleh ibu menjadikannya sebagai seorang superhero. Ibu adalah wanita super yang berjuang untuk keluarganya. Ia mengesampingkan semua keinginannya dan mengorbankan diri untuk melihat kebahagian pada keluarganya. Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan yang tiada habisnya. Namun tanpa kata lelah, ibu tetap bersemangat menyelesaikan seluruh pekerjaannya dalam rumah tangga. Ibu merupakan sosok orang yang tangguh, yang perkasa, yang apapun akan dilakukan demi keluarga, dia akan selalu tersenyum walau hatinya perih, dia akan selalu menyemangati anak anaknya walau dia dalam keadaan terpuruk, seolah olah tidak ada apa - apa.

Hari Ibu adalah hari untuk seluruh perempuan Indonesia. Selamat Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 untuk seluruh perempuan Indonesia. Perempuan Berdaya, Indonesia maju!.

 

Turi, 22 Desember 2022                                                        

Anik Marwati,S.Pd, M.Pd.