SAMBUTAN KEPALA SMP NEGERI 1 TURI DALAM PERINGATAN HARI PAHLAWAN, TANGGAL 10 NOVEMBER 2022


Nov 10th, 2022 595 Views

Assalamualaikum Wr Wb

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Anak-anakku peserta didik Klas VII, VIII dan IX yang sangat saya banggakan.

Pada hari ini kamis, 10 November 2022 diperingati sebagai hari Pahlawan yang setiap tahun kita peringati. Hari yang mengingatkan kita pada peristwa 77 tahun yang lalu, ketika darah dan nyawa menjadi taruhannya agar bendera merah putih berkibar di Bumi pertiwi. Rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. 

Peringatan Hari Pahlawan sebagi refleksi dalam menghargai perjuangan pahlawan dalam melawan penjajahan. Hari Pahlawan juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah berkorban jiwa dan raga untuk menjaga kedaulatan bangsa dari penjajahan. Peringatan ini tidak terlepas dari sejarah pertempuran di Surabaya, pada saat arek-arek Surabaya berjuang melawan Belanda dan pasukan Sekutu. Setidaknya 16.000 pejuang kita meninggal dunia, sedangkan di pihak musuh telah kehilangan sekitar 2.000 prajurit.

Pertempuran itu merupakan pertempuran terberat dalam revolusi dan menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia. Dianggap sebagai kisah heroik bangsa Indonesia, maka pertempuran di Surabaya menjadi pemicu bangsa kita mendapatkan dukungan internasional untuk mendapatkan kemerdekaan. Di dalam upaya mengenang pertempuran di Surabaya, tanggal 10 November kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 adalah ”Pahlawanku Teladanku”. Tema ini mengandung makna bahwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

Anak-anakku yang saya cintai dan banggakan 

Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini. Setiap kita bisa menjadi pahlawan sesuai kemampuan kita. Pahlawan tidak harus mengangkat senjata menghadapi musuh di medan perang. Kita semua bisa menjadi pahlawan di masa kini dengan cara yang sesuai dengan posisi kita masing-masing. Kita bisa menjadi pahlawan dalam keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara. 

Saat ini kita hidup di jaman kemerdekaan, tidak ada lagi pertempuran melawan penjajah. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa kita berhenti berjuang. Ada banyak jenis perjuangan yang dapat kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan. Berjuang melawan kemalasan, perilaku menyimpang, narkoba, dan perilaku yang bertentangan dengan norma adalah beberapa contoh perjuangan pahlawan di saat ini.. Bagi peserta didik, cara mengisi meneladani pahlawan adalah dengan belajar yang rajin dan bersungguh-sungguh sebagai upaya mencapai cita-cita yang diharapkan

Kita bisa menjadi pahlawan dalam keluarga ketika bisa membuat orang tua kita bangga dengan apa yang kita lakukan yang membawa nama baik keluarga, misalnya dengan berperilaku yang baik, menghormati orang tua, guru dan memberikan tauladan kebaikan kepada orang lain. Menghindari perilaku menyimpang yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sopan dalam bertndak, ramah dalam berbicara, tekun dalam belajar adalah ciri pahlawan di masa kini. Bangsa dan negara telah menanti pahlawan-pahlawan sejati yang membawa nama harum bangsa dan negara. Jangan biarkan masa remaja dan masa muda kalian meninggalkan penyesalan di kemudian hari. 

Perjuangan kita sebagai pelajar adalah belajar, belajar dan belajar. Kita kesampingkan hal-hal yang bisa merusak niat baik kita untuk berbakti kepada negeri ini. Jangan menjadi remaja yang cengeng yang tidak percaya diri, hidonisme (yang penting senang) tetapi jadilah remaja yang bisa membuat ayah, Ibu dan para guru tersenyum bangga karena prestasimu, karena setiap anak bisa menjadi juara. Kalau kita belum bisa berprestasi secara akedemis maka bisa kita kejar dengan prestasi non akademik, misalnya di bidang olah raga, seni, budaya atau keterampilan positif yang lain yang akan membawa masa depan kita yang cemerlang. Pada saatnya nanti kita akan terlepas dari pangkuan orang tua, keberhasilan kalian di masa depan sangat tergantung perilaku, sikap dan semangat belajar kalian di masa kini. 

Ayo anakku, lebih baik kita capek dan lelah untuk belajar di saat ini, karena kita lebih capek dan lelah di masa depan apabila kita menyia-nyiakan masa remaja kita hanya untuk berhura-hura dan malas belajar. Kita tatap masa depan dengan semangat karena kita pasti bisa. Kita adalah bangsa pejuang. Kita punya darah patriot yang mengalir di badan kita, yang tidak mudah menyerah dan yang tidak mudah mengatakan 'saya kalah'. Hidup ini adalah perjalanan yang panjang di dalam waktu yang sempit, isilah dengan perjuangan yang membanggakan, dan hargai dengan ketulusan.

Dengan mengenang masa lalu perjuangan pahlawan kita, masihkah kita melakukan upacara dengan semaunya, menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil bersandau gurau atau hormat bendera merah putih sambil menengok kanan kiri. Ayo kita pertebal semangat nasionailisme dan patriotisme. Jadilah pahlawan muda yang berkarakter mulia yang membuat para pahlawan kita pengukir negeri ini tersenyum dan bangga kepadamu.

akhirnya, saya mengajak seluruh warga sekolah untuk terus melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Guru dan peserta didik sekalian.

Semoga sambutan singkat ini dapat memberikan manfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan juga warga sekola pada umumnya.

Selamat Hari Pahlawan 2022. Jayalah selalu SMP Negeri 1 Turi, Jayalah Indonesia

Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb